Thursday 19 June 2014

Sifat dan keistimewaan Sistem Operasi

Setelah kita tau definisi dari sistem operasi sekarang kita lanjutk ke pengenalan tentang sifat dan keistimewaan sistem operasi.Ok sahabat, ada beberapa sifat dan keistimewaan dari sistem operasi yang diturunkan dan diadopsi dari sistem operasi UNIX. 
Sifat dan keistimewaan sistem operasi yaitu :
  1. Portabilitas 
  2. MultiUser
  3. Multitasking
  4. Sistem berkas yang hierarkis
  5. Utilitas
  6. Shell UNIX/ LINUX (Lain-lain)
Sahabat, selain kita kenal istilah diatas yang merupakan sifat dan keistimewaan sistem operasi, kita juga wajib tau pengertian dari masing-masing istilah tersebut. Untuk mengetahui pengertian dari masing-masing istilah itu kita langsung ke TKP sahabat.


Portabilitas berarti ketidakbergantungan pada suatu perangkat keras yang memungkikan pemakai  tidak perlu terpaku pada satu vendor dan mudah untuk diadaptasikan ke sistem komputer yang lain. Berikut adalah tabel yang menggambarkan perbandingan system operasi dengan erangkat keras. 

Multiuser berarti sejumlah orang (pemakai) dapat menggunakan system secara bersamaan dan berbagi sumber (disk, printer dan sebagainya). Keuntungan dengan adanya sifat multiuser :
• Penghematan perangat keras
Perangkat keras (misalnya printer, disk) dapat dipakai oleh banyak
pemakai.
• Data dapat diakses oleh banyak pemakai secara serentak
Ini berarti tidak ada penduplikasian data, Selain itu konsistensi data
lebih terjamin.

Multitasking : Seorang pemakai dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dari sebuah terminal. Pekerjaan-pekerjaan yang tidak memerlukan interaksi dari pemakai (seperti melakukan pengurutan data dan pengecekan kosa kata) bisa dilaksanakan di latar belakang. Pemrosesan ini memungkinkan saat suatu pekerjaan sedang dilaksanakan oleh system, pemakai dapat melakukan tugas-tugas yang lain. Kemampuan system operasi ynag memungkinkan seseorang dapat melaksanakan beberapa tugas pada saat bersamaan dinamakan multitasking.

Sistem berkas yang hierarkis memungkinkan pemakai mengorganisasikan informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan mudah untuk mengaksesnya. Informasi-informasi yang ada dapat diatur misalnya dikelompokan per pemakai atau berdasarkan suatu departemen.

Utilitas : Sistem operasi tersusun atas sejumlah program, yang antara lain beberapa utilitas. Utilitas utilitas mempunyai tugas yang bermacammacam, antara lain berhubungan dengan :
• Manajemen berkas
• Penyunting berkas
• Pendukung komunikasi
• Pendukung pengembangan perangkat lunak
Dengan mengombinasikan utilitas-utilitas yang ada, pemakai dapat membuat program baru untuk melaksanakan tugas seperti yang diharapkan. Hal ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Shell UNIX (LINUX) menjadi jembatan antara pemakai dan system. Ia bertindak sebagai penerjemah perintah yang sangat bermanfaat bagi pemakai. Kemampuan shell mencakup dua hal :
• Modus interaktif dan
• Modus pemrograman.
Pada mode interakif, pemakai dapat memberikan perintah dan kemudian shell akan mengerjakan perintah yang diberikan. Hal ini dapat diulangulang. Sebab begitu shell telah selesai menjalankan peritah, shell akan menunggu pemakai memberikan perintah kembali. Pada modus pemrograman, pemakai dapat menyusun suatu program yang berupa sejumlah perintah yang biasa disebut skrip shell. Selanjutnya, shell akan mengerjakan perintah-perintah tersebut secara berurutan. Hal seperti ini sangat bermanfaat untuk menangani pekerjaan yang bersifat rutin. Pada modus ini pemakai dapat membuat suatu prototype suatu kegiatan tanpa harus menggunakan bahasa pemrograman seperti C. Baik pada mode interaktif maupun pemrograman, pemakai dapat dengan mudah mengarahkan keluaran-keluaran perintah yang normalnya ke layer menjadi ke suatu berkas. Bahkan pemakai dapat juga mengatur agar hasil suatu perintah menjadi masukan bagi perintah yang lain.





No comments:

Post a Comment